Saturday 21 November 2015

0 Bis listrik Proterra Catalyst XR yang bisa menempuh jarak 402 km

Bis listrik sebagai transportasi umum mulai banyak digunakan sebagai alternatif pengganti bis berbahan bakar solar ataupun gas tetapi tetap punya kendala dalam hal jarak tempuhnya yang terbatas yaitu biasa di kisaran 250 km dengan sekali isi ulang.

Proterra Catalyst XR electric bus adalah bis listrik pertama yang diklaim mampu menempuh jarak sekitar 402 km hanya dengan sekali isi ulang sehingga bis listrik ini diharapkan menjadi solusi yang lebih baik untuk menggantikan bis solar ataupun gas ke depannya.
Kemampuan menempuh jarak 402 km dikarena adanya 8 buah baterai sebesar 257 kWh di dalamnya tetapi tidak hanya itu yang membuat bis listrik ini mampu menempuh jarak lebih panjang dibandingkan bis listrik yang sudah ada.

Proterra sebagai perusahaan yang mendisain bis listrik ini mengatakan bahwa selama ini bis listrik yang ada selalu dibuat dari disain bis umum yang sudah ada dan dilakukan modifikasi untuk menempatkan baterai dan mesin listrik tetapi Proterra Catalyst XR electric bus mungkin satu-satunya bis listrik yang dibuat dari awal.


Maksudnya disini, disain bis listrik ini dibuat dari awal dan tidak mengikuti disain bis yang sudah ada sehingga mereka bisa mendisain sebuah bis listrik yang lebih aerodinamis dan lebih ringan (terbuat dari carbon fiber) sehingga bisa menempuh jarak yang lebih jauh.


sumber: otakku.com


0 komentar:

Post a Comment